Halalkah menggunakan fitur “Macro” pada Esports?

0 117

Halalkah menggunakan fitur Macro? hal ini menjadi pertanyaan pada sekarang ini. Baru-baru ini Thunder Predator didiskualifikasi dari The International karena menggunakan fitur macro pada mouse gaming yang mereka gunakan.

Juan ‘Atun‘ Ochoa dari Thunder Predator bermain kompetitif Dota 2 menggunakan fitur mouse macro terutama pada kualifikasi The International kemarin menggunakan hero Huskar dan Meepo. Dengan adanya fitur makro dia dengan mudah mengontrol item armlet of mordiggian ketika menggunakan Huskar dan skill Poof secara bersamaan kepada 3 Meepo.

Juan ‘Atun’ Ochoa dari Tim Thunder Predator – Image Courtesy Liquipedia

Sebelumnya kita mengenal dulu fitur makro. Pada Mouse gaming sekarang terdapat fitur macro. Fitur macro sendiri memungkinkan kita untuk melakukan beberapa aksi dalam satu klik. Seperti langsung membuat 3 meepo skill Poof secara bersamaan.

Mouse macro memberikan “perintah” kepada komputer agar dapat melakukan gerakan seperti yang kehendaki oleh pengguna. Untuk memberi perintah tersebut, mouse makro dilengkapi dengan software yang bisa di-download dalam CD driver yang disertakan di kemasan pembelian.

Software tersebut nanti akan disinkronkan dengan chipset yang ada dalam mouse. Mouse saat ini biasanya dilengkapi dengan chip pengontrol di dalamnya dan memiliki memori sekitar 128 Kb atau lebih. Memori ini berfungsi untuk menyimpan jenis pengaturan yang dilakukan di driver mouse.

Dengan adanya fitur macro ini dapat mempermudah kita dalam permainan namun yang jadi pertanyaan ilegal kah fitur tersebut? Banyak yang bilang hal tersebut ilegal karena menjadikan permainan tidak menyenangkan lagi, dengan satu klik kita bisa melakukan segala hal dengan cepat dan membuat game tersebut terasa sangat sangat mudah untuk dimainkan.

Bagi saya pribadi memang hal tersebut sangat merugikan karena semakin berkurangnya penggunaan “kemanusiaan” kalau kata saya pribadi. Kemanusiaan yang saya maksud seperti reflek dan pengalaman. Dengan adanya fitur macro membuat sangat mudah dalam melakukan suatu action didalam game jadinya reflek dan kecepatan sekarang pada kedua tangan kita digantikan oleh satu tombol saja.

Bagaimana menurut kalian para gamers apakah setuju penggunaan fitur macro pada gaming itu illegal atau tidak?

You might also like
Comments
Loading...