Format Groupstage Baru Dalam E-Sports : Swiss Format

0 33

Dalam akhir-akhir ini pasti sering denger dong didalam turnamen-turnamen di E-Sports memakai format “swiss Format” atau “swiss system tournament”. Sudah banyak turnamen E-Sports menggunakan format groupstage ini, mulai dari Counter Strike:Global Offensive, Heartstone, Overwatch, bahkan saat ini Dota 2 mulai menggunakan format groupstage “Swiss Format” ini, dimulai pada Kiev Major pada tahun 2017.

Kiev Major Menggunakan Swiss Format
Image Source, Wykrhm Reddy

Format ini pertama kali digunakan di Zurich untuk turnamen catur pada tahun 1895. Format ini berbeda dengan format GSL atau format yang membagi beberapa tim menjadi beberapa group dan bertanding menggunakan double elimination bracket yaitu upper bracket dan lower bracket.
Kelebihan Swiss Format pada Groupstage

Nah di Swiss Format ini semua tim akan bergabung dalam satu grup dan bertanding sampai 4 ronde. Dan kelebihannya tim tersebut tidak akan bertemu tim yang pernah dilawan sebelumnya, salah satu hal menarik menggunakan format groupstage seperti ini.Groupstage Swiss FormatNah contoh disini masih menggunakan Kiev Major, jadi pada round 1 seluruh tim akan saling dipertandingkan satu sama lain, anggap saja seperti contoh diatas yaitu tim A vs tim B, tim C vs tim D, begitu seterusnya. Ketika seluruh match selesai kita akan melihat hasilnya seperti ini.

Groupstage Swiss Format Round 1

Nah kemudian akan dipertemukan lagi tim dengan record yang sama, yang menang akan melawan yang menang dan yang kalah akan melawan yang kalah, contoh tim A vs tim C missal dan tim I vs Tim K, sehingga hasil dari round 2 seperti ini.

Groupstage Swiss Format round 2

Nah ronde-ronde berikutnya pun sama untuk 3 dan 4, tim yang memiliki record menang dan kalah yang sama akan saling dipertemukan. Berikut hasil dari round 3 dan round 4.

Groupstage Swiss format Round 3 Groupstage Swiss format Round 4

Nah dari sini kita bisa lihat ranking dari 16 tim yang bertanding tersebut. Dengan adanya format yang lain daripada sebelumnya membuat E-Sports semakin menarik dan seru untuk disaksikan. Swiss Format ini digunakan loh untuk PGL Bucharest Major Dota 2 yang berlangsung pada tanggal 4 – 11 Maret 2018, mereka menggunakan 5 round Swiss Format dan semua match berlangsung Best of 1.

Untuk prizepool sebesar $1.000.000 dan DPC point total 1500. Juara 1 dari Turnamen ini akan membawa pulang hadiah sebesar $500.000 atau setara dengan 6.8 Miliyar Rupiah dan 750 Point DPC.

PGL Bucharest Major Dota 2
Image Source https://www.thebucharestmajor.com/

Kalian bisa menonton langsung turnamennya di Dota 2 atau bisa melalui twitch resmi merka yaitu di PGL Dota 2.

80%
Awesome
  • Design
You might also like
Comments
Loading...